News

Efisiensi Bahan Bakar: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Efisiensi Bahan Bakar: Semua yang Perlu Anda Ketahui – Efisiensi bahan bakar mengukur jarak yang dapat ditempuh kendaraan bermotor dengan satu galon bensin. Akibatnya, meningkatkan efisiensi kendaraan ini dapat membantu membatasi dampak perubahan iklim. Efisiensi bahan bakar mengukur jarak yang dapat ditempuh kendaraan bermotor dengan satu galon bensin.

Efisiensi Bahan Bakar: Semua yang Perlu Anda Ketahui

usfcc – Menurut US Office of Energy Efficiency and Removable Energy, MIT School of Engineering, dan HowStuffWorks, lingkungan dan ekonomi Amerika Serikat dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari peningkatan efisiensi bahan bakar. Sumber-sumber ini mencatat bahwa mobil, truk, dan kendaraan bermotor on-road lainnya menyumbang hampir 60 persen konsumsi minyak dan lebih dari 25 persen emisi gas rumah kaca di AS Akibatnya, meningkatkan efisiensi kendaraan ini dapat membantu membatasi dampak pada perubahan iklim.

Baca Juga : Perbedaan Antara Efisiensi Bahan Bakar dan Penghematan Bahan Bakar 

Mengukur Efisiensi Bahan Bakar

Menurut US Office of Energy Efficiency and Removable Energy , MIT School of Engineering , dan HowStuffWorks , produsen mobil AS menyatakan penghematan bahan bakar sebagai mil per galon (MPG). Meskipun Inggris juga menggunakan mpg, dalam hal ini, ‘G’ adalah singkatan dari imperial galon, yaitu sekitar 20 persen lebih besar dari galon standar. Negara-negara yang menggunakan sistem metrik menyatakan efisiensi bahan bakar sebagai kilometer per liter (km/L) atau sebagai liter per 100 kilometer (L/100 km).

Ekonomi bahan bakar bervariasi tergantung pada desain ban kendaraan, struktur transmisi, dan mesin, menurut Wikipedia dan MIT School of Engineering. Efisiensi bahan bakar mengukur upaya yang diperlukan untuk mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi kinetik yang dibutuhkan mobil Anda untuk bergerak.

Meskipun istilah ekonomi bahan bakar dan efisiensi bahan bakar sering digunakan secara bergantian, efisiensi adalah istilah yang lebih luas yang mencakup bagaimana kendaraan tertentu menggunakan bahan bakar. Sumber terakhir mencatat bahwa kedua istilah itu penting ketika mengembangkan strategi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dan konsumsi bahan bakar di AS dan di seluruh dunia.

Mendefinisikan Konsumsi Bahan Bakar

Menurut US Office of Energy Efficiency and Removable Energy , MIT School of Engineering , dan HowStuffWorks , langkah-langkah penghematan bahan bakar tidak menunjukkan gambaran yang sepenuhnya akurat tentang perubahan dan peningkatan efisiensi kendaraan. Konsumsi bahan bakar, yang menggambarkan hubungan linier, adalah pengukuran yang jauh lebih tepat. Konsumsi bahan bakar dinotasikan sebagai galon per mil (GPM) daripada mil per galon, jadi ini menunjukkan berapa galon gas yang akan Anda gunakan saat Anda berkendara 100 mil.

Sumber-sumber ini mencatat bahwa GPM adalah metrik yang paling penting untuk ditinjau untuk tujuan peningkatan efisiensi. MIT School of Engineering mencatat bahwa menggunakan MPG untuk menggambarkan penghematan bahan bakar dapat membuat perbaikan kecil tampak terlalu besar.

Misalnya, meningkatkan jarak tempuh mobil dari 40 menjadi 60 MPG membuat dampak yang jauh lebih kecil daripada meningkatkan jarak tempuh SUV dari 10 menjadi 15 MPG, meskipun skenario pertama tampak lebih menguntungkan pada pandangan pertama. Itu karena lebih banyak bahan bakar yang dihemat dengan meningkatkan MPG SUV daripada MPG mobil dalam contoh ini. MIT merekomendasikan agar produsen mobil mulai melaporkan GPM mobil sejauh 100 mil serta MPG-nya.

Memahami Peningkatan dalam Penghematan Bahan Bakar

Menurut MIT School of Engineering and HowStuff Works, harga gas diperkirakan akan naik secara eksponensial selama 10 hingga 15 tahun ke depan karena India, Cina, dan negara berkembang lainnya memiliki permintaan bahan bakar yang meningkat. Untuk alasan ini, mengambil langkah-langkah di AS untuk mengurangi konsumsi dan meningkatkan ekonomi menjadi lebih penting daripada sebelumnya.

HowStuffWorks melaporkan bahwa beralih ke kendaraan bertenaga baterai dapat secara signifikan meningkatkan ekonomi bahan bakar secara keseluruhan di AS. Banyak kendaraan hibrida memiliki sistem yang membuat mobil tetap berjalan dengan daya baterai saat mesin dimatikan. Namun, saat ini hanya 2 persen mobil Amerika Utara yang menyertakan teknologi hemat bahan bakar jenis ini.

Semua mobil listrik tersedia di AS, termasuk Nissan Leaf , Chevrolet Volt, dan Tesla Roadster. Sumber bahan bakar baru juga dapat membatasi atau menghilangkan ketergantungan minyak untuk meningkatkan efisiensi. Contohnya termasuk bahan bakar gas cair, etanol, dan gas alam.

Mengurangi bobot kendaraan bermotor juga dapat meningkatkan efisiensi, karena mobil yang lebih berat menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada mobil yang lebih ringan. Sebagian besar produsen sekarang memasukkan bahan ringan, seperti aluminium, dalam desain mobil mereka. Mereka juga memanfaatkan perubahan kecil namun efektif, seperti peningkatan aerodinamis, pelumas untuk mengurangi gesekan, dan ban yang diperbarui.

Menurut Kantor Efisiensi Energi dan Energi yang Dapat Dilepas AS, Kantor Teknologi Kendaraannya didedikasikan untuk penelitian yang berfokus pada pengurangan emisi dan peningkatan efisiensi bahan bakar. Divisi ini juga mengelola fueleconomy.gov, database ekonomi bahan bakar kendaraan untuk semua merek dan model yang berasal dari tahun 1984.

Badan tersebut telah menetapkan tujuan teknis yang, jika diadopsi oleh kebanyakan orang Amerika, dapat mengurangi penggunaan minyak bumi hingga hampir 2 juta barel per hari. Pada tahun 2025, kendaraan ringan yang diproduksi baru harus rata-rata 54,5 MPG. Area penelitian utama berfokus pada kendaraan listrik plug-in, sumber bahan bakar alternatif, dan teknologi pembakaran internal, termasuk inisiatif ini dan lainnya:

  • Mesin pembakaran yang lebih efisien dengan emisi gas rumah kaca terbatas
  • Teknologi pengolahan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari knalpot dan perangkat lunak untuk mengukur emisi ini dengan lebih akurat
  • Dampak sumber bahan bakar baru pada sistem pembakaran baru
  • Pelumas baru yang mengurangi gesekan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar
  • Menghilangkan emisi dari pemalasan kendaraan yang tidak perlu
  • Mengembangkan material kendaraan ringan seperti serat karbon, magnesium, aluminium, dan baja berkekuatan tinggi
  • Meningkatkan aerodinamika dengan membatasi beban tambahan, rolling resistance, pengereman, dan drag, faktor yang dikenal sebagai parasitic loss

Memilih Kendaraan yang Hemat Bahan Bakar

Menurut Chevrolet , beberapa model dalam jajaran mereka menyediakan setidaknya 30 MPG seperti yang diperkirakan oleh EPA. Beberapa pilihan saat ini bagi pengemudi Chevy yang ingin menghemat bahan bakar antara lain:

  • Bolt EV, kendaraan sepenuhnya listrik yang dapat menempuh jarak hingga 238 mil dengan sekali pengisian baterai
  • Volt hybrid, yang dapat menempuh jarak 420 mil dengan sekali pengisian baterai dikombinasikan dengan satu tangki bensin
  • Sedan Sonic, model bensin tradisional yang mendapat 38 MPG jalan raya saat dilengkapi dengan transmisi manual dan mesin turbocharged
  • Sedan Malibu, model bensin tradisional yang mendapat 36 MPG jalan raya saat dilengkapi dengan mesin turbocharged, yang dilengkapi dengan teknologi stop-start, injeksi langsung, dan timing katup variabel
  • Crossover Trax, yang mendapat 31 MPG jalan raya dengan mesin turbocharged standarnya
  • Semua truk Chevy dengan mesin Duramax┬« 2.8L Turbo-Diesel yang tersedia, yang menyediakan 30 MPG

Memilih salah satu dari mobil ini atau kendaraan hemat bahan bakar lainnya akan membantu mengurangi jejak karbon Anda. Semakin banyak orang Amerika yang beralih ke bahan bakar alternatif dan pilihan listrik, semakin kita dapat membatasi penggunaan bahan bakar dan emisi gas rumah kaca.

Leave a Reply